Pilihan pendaftaran

pendidikan agama islam 3 (6A)
2019/2020
RANCANGAN PERKULIAHAN SEMESTER (RPS)

Mata Kuliah : Agama Islam III
Fakultas : Pertanian dan Agama Islam
Jurusan : Agroteknologi dan PG.Piaud
Program Studi : S.1
Bobot : 2 SKS
Dosen : Zuli Dwi Rahmawati, M.Pd. (085648864318)
Email : zulidwi@unisda.ac.id
A. Deskripsi Mata Kuliah
Agama Islam III adalah salah satu rangkaian mata kuliah Agama Islam dengan pokok bahasan yang berisi tentang akhlak tasawuf, setelah mendapatkan mata kuliah Agama Islam III maka diharapkan seluruh mahasiswa dapat mengetahui dan memahami akhlak tasawuf ke-NU an serta mampu menyikapi perbedaan pendapat yang ada di lingkungan masyarakat.
B. Materi Agama Islam III
No Kompetensi Dasar Substansi/Pokok Kajian Sub Pokok Kajian
1 a. Mendiskripsikan sejarah berdirinya Ahlussunnah wal jama’ah
b. Menjelaskan perkembangan Ahlussunnah wal jama’ah dari masa kemasa
c. Memiliki karakter sesuai dengan ajaran-ajaran Ahlussunnah wal jama’ah Pemahaman Aswaja a. Sejarah berdirinya Ahlussunnah wal jama’ah:
1. Asy’ariyah
2. Maturidiyah
b. Perkembangan Ahlussunnah wal jama’ah dari masa kemasa
c. Ajaran-ajaran Ahlussunnah wal jama’ah
2 a. Menjelaskan sejarah dan latar belakang berdirinya NU
b. Menjelaskan perkembangan NU dari masa ke masa, serta peranannya dalam Pembangunan
c. Mendiskripsikan prinsip dan ajaran-ajaran Fundamental dalam NU Ke-NU-an a. Sejarah dan latar belakang berdirinya NU
b. Perkembangan NU dari masa ke masa, serta peranannya dalam Pembangunan
c. Prinsip dan Ajaran-ajaran Fundamental dalam NU
3 a. Mendiskripsikan definisi dan pembagian bid’ah
b. Menjelaskan pendapat Ulama’ tentang bid’ah Seputar Persoalan Bid’ah
a. Definisi Bid’ah
b. Pembagian Bid’ah
c. Pendapat Ulama’ Tentang Bid’ah

4 a. Menjelaskan sejarah timbulnya mazhab beserta para Ulama’nya
b. Menganalisis perbedaan pendapat di dalam mazhab Sistem Bermazhab
a. Sejarah Timbulnya Mazhab
b. Ulama’-Ulama’ Mazhab
c. Beberapa Perbedaan di dalam Mazhab

5 a. Menjelaskan perbedaan pendapat Ulama’ tentang shalat tarawih, qunut, mengangkat tangan dan mengeraskan bacaan doa “Kontroversi” Ritual Shalat

Perbedaan Pendapat Ulama’:
1. Shalat Tarowih
2. Qunut
3. Mengangkat tangan
4. Mengeraskan bacaan doa
6 a. Menguraikan cara menghormati Nabi Menghormati Nabi
a. Menghormati Nabi dalam Penyebutan
b. Membaca Shalawat Nabi
c. Membaca Manaqib al-Rasul
d. Syafaat Rasul
7 a. Mendiskripsikan penghargaan Allah kepada Ulama’ (ahli ilmu
b. Menerapkan cara memuliakan Ulama’/Guru sebelum dan sesudah wafatnya Memuliakan Ulama’/Guru sebelum dan sesudah wafatnya
a. Penghargaan Allah kepada Ulama’ (ahli ilmu)
b. Mencium tangan Ulama’ khususnya guru
c. Menghormati dan memuliakan keluarga Ulama’ khususnya guru
d. Merayakan Haul/peringatan wafatnya Ulama’
8 Menerapkan cara menghormati jenazah Menghormati Jenazah
a. Mendatangi/Takziyah hingga Menguburkan
b. Acara Tahlil dan Do’a untuk Janazah
c. Ziarah Qubur
9 Mendiskripsikan Thareqat
Beberapa “permasalahan dan pembahasan” dalam Beragama
a. Thareqat
1. Pengertian Thareqat
2. Sejarah Thareqat
3. Macam-macam Thareqat
4. Thareqat yang berkembang di Indonesia
5. Mengikuti Thareqat
10 Menerapkan tawassul dengan Hamba Pilihan Allah
Beberapa “permasalahan dan pembahasan” dalam Beragama a. Pengertian tawasul
b. Tawassul dengan Hamba Pilihan Allah
11 Mendiskripsikan aliran-aliran Islam Modern (Trans-Nasional)
Peresoalan-Persoalan Kontemporer a. Aliran-aliran Islam Modern (Trans-Nasional)
b. Radikalisme
c. Terorisme
12 Menjelaskan tentang Islam Nusantara Islam Nusantara
a. Pengertian Islam Nusantara
b. Latar belakang Islam Nusantara
c. Islam Nusantara sebagai upaya dalam memadukan keIslaman dan keIndonesiaan
12 Menjelaskan tentang Islam Nusantara Islam Nusantara
a. Pengertian Islam Nusantara
b. Latar belakang Islam Nusantara
c. Islam Nusantara sebagai upaya dalam memadukan keIslaman dan keIndonesiaan
C. Strategi Perkuliahan
1. Menjelaskan konsep (ceramah)
2. Diskusi
3. Penugasan
D. Evaluasi Perkuliahan (hukum)
1. Performent (30%)
2. Tugas (50%)
3. UTS (10%)
4. UAS (10%)
E. Bahan Bacaan
1. Al-Qur’an al-Karim
2. Ibnu Hajar al-Asqalani, Fath al-Bari (Kairo: Dar al-Dayyan Li al-Turats, 1986)
3. Ismail bin Muhamad al-Anshari, Tashih Hadits Shalat al-Tarawih ‘Isyrin Raka’ah (Beirut: Dar al-Fikr, 1972)
4. Syekh Waliyullah Ibn Abdurrahman al-Dahlawi, al-Inshaf fi Bayani Ashabal-Ikhtilaf (Beirut: Dar al-Nafais, 1984)
5. Abu Abdillah Muhammad Ibn Ahmad Ibn Utsman al-Zahabi, Tahdzib Siyar A”lam al-Nubala (Beirut: Mu’assasah al-Risalah, 1992)
6. Haddad Alwi Ibn Thahih Ibn Abdillah, Uqud al-Almas (Madinah: Mathba’ah al-Mahdudah, 1991)
7. Sayyid Muhammad Alawi al-Maliki, Al-bayan wa al-Ta’rif fi Dzikra al-Maulid al-Nabawi al-Syarif (Makkah: Dairah al-Awqaf wa Syu’un al-Islamiyah, tt)
8. Syekh Abd al-Qadir al-Jilani, Al-Ghinyah li Thalib Thariq al-Haq (Beirut: Maktabah al-Syabiyah, tt)
9. Syekh Muhammad Amin al-Kurdi, Tanwir al-Qulub fi Mu’amalah ‘Allam al-Ghuyub (Inonesia: Dar al-Kutub al-Arabiyah, tt)
10. Abu Manshur al-Maturidi, Kitab al-Tauhid (Istanbul: Maktabah al-Islamiyah, tt)
11. Muhyiddin Abdusshamad, Hujjah NU: Akidah-Amaliah-Tradisi (Surabaya: Khalista-LTN Nu, 2009)
12. Muhamad Quraish Shihab, Tafsir Al-Mishbah (Jakarta: Lentera Hati, 2005)
13. Dll.
Tamu tidak dapat mengakses kursus ini, sila masuk dengan akun Anda.